Saturday 5 March 2016

Resep dan Cara Membuat Donat yang Enak dan Empuk



Selamat pagi Indonesia! semangat pagi, semangat pagi dan salam sejahtera untuk kita semua. Pagi-pagi gini paling enak itu ngopi atau nge-teh sambil ditemani kue yang masih hangat ataupun sejenisnya. Setuju ngga sob ? nah, kami punya salah satu opsi nih untuk sobat semua yang ingin memilih kue atau makanan apa yang cocok untuk teman sobat ngopi atau nge-the di pagi hari. Salah satunya yaitu kue donat.  

Kue Donat merupakan salah satu jenis kue yang dibuat dari adonan tepung terigu, gula, telur dan mentega yang diolah dengan cara digoreng. Pada umumnya donat berbentuk dua macam, yaitu donat berbentuk cincin yang mempunyai lubang ditengahnya dan donat berbentuk bundar yang dapat diisi dengan berbagai jenis selai atau yang lainnya.


 
Cara membuat kue donat ini juga tidak bisa dikatakan mudah dibutuhkan takaran yang pas untuk membuatnya. Karena jika terjadi kesalahan, kue donat akan menjadi bantat dan susah mengembang. Untuk mencegah terjadinya kegagalan dalm membuatnya, pertama kali yang perlu disiapkan adalah bahan-bahan yang dibutuhkan. Dalam pembuatan kueh donat ini, bahan yang diperlukan adalah sebagai berikut :
Bahan-bahan :
  • Tepung terigu 1/2 kg
  • 1/2 bungkus ragi instan 11 gram
  • Air 200 cc
  • Gula pasir 4 sendok makan
  • Mentega 3 sendok makan
  • Susu bubuk/susu kental 3 sendok makan
  • Garam 2 sendok teh
  • Telur 2 butir
Setelah mendapatkan bahan-bahannya. Sekarang kecara pembuatannya yaitu dengan :
  1. Kocok 2 butir telur dengan sendok, setelah itu masukkan gula pasir, garam, susu, mentega dan tepung terigu. Lalu aduk hingga rata.
  2. Campurkan ragi ke dalam air, kemudian aduk rata dan masukkan ke dalam adonan tersebut. Setelah itu uleni hingga kalis dan diamkan dalam wadah tertutup sekitar 20 menit hingga adonan mengembang.
  3. Ambil adonan 1 sendok makan dan bulatkan, kemdian simpan dalam wadah yang telah ditaburi dengan tepung terigu agar adonan tidak lengket. Lakukan cara tersebut hingga adonan habis dan siamkan selama 20 menit hingga bulatan adonan terlihat mengembang.
  4. Panaskan minyak goreng, lubangi tengah bulatan adonan tersebut, lalu goreng dengan api kecil dan tunggu hingga warnanya berubah kecoklatan, kemudian angkat dan diamkan donat hingga dingin.
  5. Setelah itu taburi donat dengan gula halus, atau sesuai selera sobat
 Demikianlah cara pembuatan donat ini, selamat mencoba dan jangan takut donatnya bantat yaa..
Coba terus sampai berhasil dan rasanya enak...!!!
Terimakasih telah membaca artikel ini...
www.ayeey.com www.resepkuekeringku.com www.desainrumahnya.com www.yayasanbabysitterku.com www.luvne.com www.cicicookies.com www.tipscantiknya.com www.mbepp.com www.kumpulanrumusnya.com www.trikcantik.net

0 comments:

Post a Comment